Tips Menggunakan Kendaraan Diwaktu HUjan

Jum'at, 14 April 2017
Tips Menggunakan Kendaraan Diwaktu HUjan

Tips Menggunakan Kendaraan Diwaktu Hujan

Beberapa tips sebelum kita berkendara pada saat turun hujan

1.      Pastikan Kondisi WIPER

Wiper adalah komponen yg palin penting pada kendaraan saat turun hujan. Seiring umur pemakaian karet wiper kadang mengeras dan bergelombang sehinga sapuannya tidak optimal bahkan mengganggu pandangan.

Mengecek kondisi wiper bisa dgn membasahi kaca depan kemudian menyapunya dengan wiper.

Bila sapuan tidak sempurna maka segeralah ganti karet wiper dgn yg baru

 

2.      Periksa WASHER

Washer berfungsi untuk membersihkan kaca dari debu dan sejenisnya. Dalam kondisi hujan washer bisa membantu membersihkan kaca.

Periksa kondisi air. Apabila kondisi air kurang tambahlah air dgn sedikit campuran detergen agar membantu mebersihkan kaca saat disapu. Namun jangan terlalu banyak ditergen karena busa yg ditimbulkan dapat mengganggu pandangan.

 

3.      Periksa LAMPU LAMPU

Dalam kondisi hujan lampu sangatlah penting. Periksalah lampu2 sebelum berkendara saat turun hujan.

 

4.      Periksa Kondisi BAN dan REM

Saat kondisi hujan alur ban berfungsi membuang air ke samping supaya tdk terjadi AQUAPLANING (ban mengembang di atas air )

Aquaplaning adalah kondisi dimana ban kehilangan kontak dengan jalan sewaktu melewati genangan air.  Akibatnya ban kehilangan cengkeraman yg mengakibatkan kendaraan tidak dapat terkontrol dengan sempurna. Kondisi paling extreem adalah menyebabkan kecelakaan fatal.

Ban kempes membuat bagian tengah ban tidak menapak sempurna. Sedngkan ban botak menyebabkan air tidak cepat keluar dari ban yang menerjang air.

 

5.      Periksa AC

AC selain berfungsi mendinginkan ruangan juga mencegah kaca berembun pada saat turun hujan. Oleh karena nya periksalah AC sebelum jalan  untuk menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara ditengah hujan.

 

6.      Periksa Sistem PENGAPIAN

Periksalah Koil dan Platina. Pastikan busi dalam kondisi bersih dari kotoran dan kemungkinan electroda yang aus dan terbakar.

Pemeriksaan lebih detil juga perlu dilakukan pada penutup busi, koil, atau distributor. Bi;la bagian ini terkena celah atau lubang guyuran air berpotensi mematikan kelistrikan mobil sehingga mengganggu berkendara.

 

7.      Periksa KARET LUMPUR

Karet lumpur berfungsi untuk menahan percikan air dari roda agar tidak menyebar kemana mana. Pastikan karet lumpur dalam kondisi baik, tidak sobek ma



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar